Senin, 06 Oktober 2014

Profil Desa Pancasan, Ajibarang, Banyumas

Pancasan adalah desa di kecamatan Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia. Nama desa ini berasal dari kata menclas, yang berarti memotong, berasal dari abad ke-17. Pada saat itu, Amangkurat I dan Adipati Anom melarikan diri hingga Kabupaten Tegal. Saat tiba di daerah ini, Amangkurat I memotong dahan pohon beringin dan meminum airnya.
Desa pancasan secara administratif termasuk dalam kecamatan ajibarang,kabupaten banyumas jawa tengah. Letaknya di sebelah barat kota purwokerto. Desa ini memiliki topografi menurun dari utara ke selatan. Diapit oleh dua buah sungai,yaitu sungai tajum di sebelah barat dan sungai datar di sebelah timur. karena berada di jalur lalu lintas utama purwokerto-cilacap dan sebaliknya,desa ini cukup strategis dan berkembang baik.
Kegiatan ekonomi utama di desa ini adalah industri genteng tanah liat.bahkan pancasan menjadi sentra genteng terbesar di kabupaten banyumas.kegiatan ini sudah berlangsung berpuluh-puluh tahun dan hampir 70% penduduknya menjalankan usaha ini.karena industri genteng inilah pancasan mampu menyerap ratusan tenaga kerja dari desa-desa tetangga. Genteng pancasan sudah mampu menjelajah ke sekitaran jawa tengah dan sebagian kecil jawa barat.
Mata air.
Yang juga menjadi ciri khas desa pancasan adalah keberadaan mata air alami yang begitu banyak.sebagian besar mata air berada di pancasan sebelah selatan yang lebih rendah secara topografinya. Ada sekitar dua puluh mata air yang ada di sana,yang di manfaatkan penduduk sebagai sumber air bersih dan keperluan mandi serta mencuci.beberapa diantaranya diberi nama yang unik.seperti, kali lanang(khusus untuk laki-laki yang dalam bahasa jawa lanang) dan kali wadon(wadon=wanita). Salah satu mata airnya juga dimanfaatkan untuk membuat kolam renang umum yang bernama pancasan tirta alami.kolam renang ini cukup ramai di kunjungi masyarakat dari daerah-daerah tetangga.apalagi jika musim liburan,karena harga tiket masuknya yang murah,hanya Rp.3000;. Keberadaan mata air juga digunakan untuk membuat pabrik air minum kemasan dengan merek aeroz,yang menjadikannya sebagai industri air kemasan pertama dan terbesar di ajibarang,bahkan banyumas. Dinasty terbesar di pancasan adalah dinasty MERTANANGGA ,alkisah Mbah MERTANANGGA adalah anak buah /kepercayaan dari PANGERAN DIPONEGORO Central kegiatan agama di desa PANCASAN terfokus di Masjid yg sangat megah (dg kapasitan 3000 jama'ah dan membangun dg swadaya masyarakt murni) Nama Masjid itu MASJID JAAMI' ALHIDAYAH,Menaungi beberapa sekolahan : MI MA'ARIF PANCASAN, MADRASAH DINIYAH, TPQ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar